Salah satu Jurusan/Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara adalah Jurusan Tadris Bahasa Inggris yang secara historis didirikan pada tahun 1989. Pendirian Program Studi Tadris Bahasa Inggris ini didasari atas pemikiran dan fakta tentang terjadinya kekurangan guru Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah (MIN), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), Pondok Pesantren, Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang pada waktu itu masih terdiri dari STM (Sekolah Teknik Menengah) dan SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) . Akibat kekurangan guru Bahasa Inggris pada lembaga pendidikan tersebut, maka bidang Ilmu Bahasa Inggris diajarkan oleh guru yang bukan lulusan pendidikan bidang Ilmu Bahasa Inggris tersebut (mismatch). Penyebab mismatch, baik pada guru bidang studi Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah (MIN), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), Pondok Pesantren, Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Sumatera Utara adalah akibat kekurangan jumlah guru untuk core bidang keilmuan Bahasa Inggris tersebut.

Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 42 ayat (1) bahwa pendidik (guru) harus memiliki kualifikasi minimum yaitu S1 (D4) dan sertifikasi sesuai jenjang kewenangan mengajar yakni mengajar bidang ilmu sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Tuntutan Undang-Undang tersebut dijelaskan lebih lanjut pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) merupakan prodi yang saat ini merupakan salah satu program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Prodi Tadris Bahasa Inggris FITK UIN-SU ini mulai beroperasi pada bulan Juni 1989.

Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI), mendapat gelar S.Pd. Program Studi Tadris Bahasa Inggris ini sesungguhnya merupakan program studi yang sangat prospektif dalam konteks pengembangan dan peningkatan mutu guru-guru Bahasa Inggris. Selain itu, program studi ini juga merupakan program studi yang telah lama dinantikan oleh stakeholders dan user. Eksistensi Program Studi Tadris  Bahasa Inggris ini didasari atas pemikiran dan fakta tentang kebutuhkan terhadap guru-guru yang mengajarkan Bidang Studi Bahasa Inggris di sekolah Madrasah, Pondok Pesantren, dan SMK. Atas pertimbangan kondisi tersebut, LPTK perlu membuka Progrm Studi Tadris Bahasa Inggris yang akan menyiapkan lulusannya menjadi guru-guru Bahasa Inggris yang bermutu dan berkompeten dalam bidangnya.