Latar Belakang dan Sejarang Perkembangan Prodi pendidikan Bahasa Inggris

Salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara adalah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang secara historis didirikan pada tahun 1981. Pada saat ini, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris masuk dalam kelompok Jurusan Tadris, yang terdiri dari bidang bahasa Inggris dan metematika.

Pendirian Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini didasari atas pemikiran dan fakta tentang terjadinya kekurangan guru Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah (MIN), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Pondok Pesantren, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Akibat kekurangan guru Bahasa Inggris pada lembaga pendidikan tersebut, maka bidang Ilmu Bahasa Inggris diajarkan oleh guru yang bukan lulusan pendidikan bidang Ilmu Bahasa Inggris tersebut (mismatch). Penyebab mismatch, baik pada guru bidang Bahasa Inggris di MIN, MTs dan Pondok Pesantren di Provinsi Sumatera Utara adalah akibat kekurangan jumlah guru untuk core bidang keilmuan Bahasa Inggris tersebut.

Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 42 ayat (1) bahwa pendidik (guru) harus memiliki kualifikasi minimum yaitu S1 (D4) dan sertifikasi sesuai jenjang kewenangan mengajar yakni mengajar bidang ilmu sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Tuntutan Undang-Undang tersebut  dijelaskan lebih lanjut pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

   Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) merupakan prodi yang saat ini merupakan salah satu program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Prodi Pend. Bahasa Inggris FITK UIN-SU ini mulai beroperasi pada bulan Juni 1981.

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI),  mendapat gelar SPd.I. Program Studi Pend. Bahasa Inggris ini sesungguhnya merupakan program studi yang sangat prospektif dalam konteks pengembangan dan peningkatan mutu guru-guru Bahasa Inggris. Selain itu, program studi ini juga merupakan program studi yang telah lama dinantikan oleh stakeholders dan user. Eksistensi Program Studi Pend. Bahasa Inggris ini didasari atas pemikiran dan fakta tentang kebutuhkan terhadap guru-guru yang mengajarkan Pend. Bahasa Inggris di sekolah Madrasah, pondok Pesantren, dan SMK. Atas pertimbangan kondisi tersebut, LPTK perlu membuka Jurusan Pend. Bahasa Inggris yang akan menyiapkan lulusannya menjadi guru-guru Bahasa Inggris yang bermutu.