28 Oktober 2019 10:18 wib
  • pendidikan

Kamis, 24 Oktober 2019.

Piknik sambil belajar, begitulah kira-kira gambaran yang tepat untuk menyebut kegiatan English Freshman Orientation (EFO) Bagi Mahasiswa Baru Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), UIN Sumatera Utara. Bertempat di Pantai Cemara Kembar, Kabupaten Serdang Bedagai, program pengenalan dan orientasi bagi mahasiswa baru Prgoram Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini berlangsung seru dan fun. Dengan tema "Build Silaturahim with Solidarity through English Freshman Orientation into Central of Excellent", acara langsung berada dibawah binaan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Sholihatul Hamidah Daulay, M.Hum.

Dengan wajah ceria dan penuh semangat, Kaprodi yang biasa dipanggil dengan sapaan “Mam Lia”, dalam sambutannya sangat mengapresiasi semangat dan solidaritas dari seluruh mahasiswa atas pelaksanaan kegiatan ini. Beliau berpesan dan meminta kepada seluruh mahasiswa yang ada di lingkungan program studi, baik senior, junior, maupun HMJ, untuk dapat menjaga solidaritas serta kekompakan. “Yang senior mengayomi yang junior, serta yang junior menghormati yang senior. Semuanya punya kedudukan masing-masing dalam harmoni. Yang senior serta para pengurus HMJ saya minta untuk memberi contoh yang  baik pada junior. Sedangkan junior silakan meneladani prestasi-prestasi dari seniornya”, request-nya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan, Mega Witjaksana serta ketua HMJ PBI, Azka Fuady Siagian mengatakan, tujuan dari kegiatan sendiri adalah untuk mempererat hubungan silaturahim antara mahasiswa PBI dengan Himpunan Mahasisaw Jurusan PBI, serta untuk mempererat hubungan silaturahim antara mahasiswa dengan Jurusan PBI.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah opening ceremony, solat dan makan siang bersama untuk menambah keakraban, games-games seru, serta color fun. Games-games seru yang dimainkan adalah Sarung Pergerakan, Botol Gravitasi, Ekor Naga, dan Kardus Mesra. Setelah itu, dilanjutkan dengan perlombaan penampilan perkelas sekaligus pengumuman pemenang perlombaan. Setelahnya, dilanjutkan dengan kegitan membuat mozaik berbentuk Bendera Merah Putih serta meneriakan Slogan PBI "One Heart, One Promise, One Purpose, Hmm Excellent!”.

Diakhir acara, event yang paling ditunggu-tunggu dan paling seru yaitu Colourfun. Dalam Colorfun, seluruh pengurus HMJ dan mahasiswa PBI saling melempar tepung warna satu sama lain sehingga akhirnya semua mahasiswa yang ikut berubah menjadi warna warni baik wajah maupun pakaian-nya. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan bersih-bersih bersama.