14 Oktober 2019 10:47 wib
  • pendidikan

Sabtu, 12 Oktober 2019, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UINSU mengadakan Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Elektronik bagi pengelola jurnal di lingkungan fakultas. Bertepat di Hotel Madani jalan SM.Raja Medan, workshop dibuka langsung oleh Dekan FITK, Dr. Amiruddin Siahaan, M.Pd. Kegiatan Workshop sendiri merupakan realisasi dari program Jurnal FITK dengan menggunakan dana hibah BOPTN 2019. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Dekan III FITK sebagai pimpinan Jurnal FITK, sekaligus sebagai ketua panitia workshop, Dr. Mesiono, M.Pd.

Dekan FITK, Dr. Amiruddin Siahaan, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pengelola jurnal yang ada di lingkungan fakultas, yang memiliki tekad dan niat yang kuat untuk meningkatkan akreditasi jurnalnya. Dekan kembali mengajak para pengelola jurnal yang ada untuk kembali menyatukan hati dan visi, bagaimana agar terus berupaya membesarkan jurnal-jurnal yang sudah dari dulu diperjuangkan.  “Di lingkungan fakultas kita ada total 13 jurnal. Saya mengajak semua pengelola jurnal untuk sekuat tenaga, agar jurnal kita terakreditasi dengan baik. Jika bisa, akreditasi Sinta 2 harus ditargetkan dari sekarang,” pintanya.

Sementara itu, Narasumber workshop yang diundang adalah Dr. Parmin, M.Pd, dari Universitas Negeri Semarang. Selain sebagai tim asesor jurnal di Dikti, beliau juga merupakan peneliti yang sudah memiliki 17 jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus). Dr. Parmin banyak berbagi pengalaman dan tips agar jurnal bisa cepat meningkat kualitasnya sehingga mudah untuk menggapai akreditasi yang diinginkan. Beliau memimpin workshop dalam tiga sesi sekaligus. Sesi pertama tentang substansi secara umum mengenai jurnal dan proses akreditasinya. Sesi kedua langsung ke teknis proses pengajuan dan akreditasi jurnal. Sedangkan sesi ketiga, simulasi bagaimana menghitung skor akreditasi,agar bisa disesuaikan dengan nilai akreditasi yang cukup. “Jika kualitas jurnal sudah sangat baik, nilai yang diinginkan akan mudah tercapai. Yang terpenting tingkatkan kualitas dulu, maka nilai akan otomatis mengikuti,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, pengelola jurnal (Vision) serta dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang hadir adalah Dr. Sholihatul Hamidah Daulay, M.Hum (Ketua Prodi), Reflina, M.Pd (Sekretaris Prodi), Benni Ichsanda Rahman, M.Pd (Dosen Program Studi), serta Dian Rahmi Zul, S.Pd.I (pengelola jurnal).