14 Oktober 2019 10:44 wib
  • pendidikan

12 Oktober 2019, Rumah Jurnal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) mengadakan pelatihan aplikasi sitasi Mendeley bagi para dosen dan peneliti di lingkungan UINSU.  Bertempat di Gedung Pusbinsa Unimed, pelatihan langsung dibuka oleh Ketua Rumah Jurnal UINSU, Muhammad Irwan Padli Nasution, ST, M.M, M.Kom.

Ketua Rumah Jurnal dalam sambutannya mengatakan, dalam era digitalisasi penulisan, semua penulis terlebih dosen harus mampu menuliskan atau mengutip karya ilmiah dengan baik, agar skor sitasi dari penulis yang bersangkutan dapat meningkat. “Begitupun peserta sendiri sebagai penulis, akan sangat merasa terapresiasi jika karya ilmiahnya di sitasi dan data sitasi tersebut dapat langsung terindeks dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Narasumber pelatihan dalam pemaparannya,mengajarkan langsung teknis penggunaan Mendeley, dimulai dari proses pengunduhan, pembuatan dan verifikasi akun, sampai cara menggunakan aplikasi tersebut secara komprehensif. Narasumber menekankan bagaimana menyusun perpustakaan kita sendiri, yang nantinya berguna sebagai bahan bacaan atau referensi dalam menulis jurnal. “Jika semua data referensi sudah rapi, jurnal apapun yang akan kita tulis, kita sudah memiliki basis data yang lengkap dan komprehensif,” terangnya.

Sementara itu, adapun dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang berpartisipasi adalah: Rahmah Fithriani, M.Hum, Ph.D., Utami Dewi SS, M.Hum., Diah Safithri Armin, M.Pd., serta Reflina, M.Pd.