09 Oktober 2019 14:30 wib
  • pendidikan

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UINSU, Nurlina Maharani dari angkatan 2016, berhasil torehkan prestasi gemilang di negeri jiran Malaysia, dalam event World Invention Competition and Exhibition (WICE). Nurlina berhasil meraih medali Emas dalam kategori Health & Medical  dengan Project Title : SOIFERA ( Sorghum Bicolor and Moringa Oleifera) as Innovation Protein Rich Milk Product. Selain meraih medali Emas, Nina (nama sapaannya) juga meraih MYSO (Malaysia Young Saintist Organitation) Spesial Award.

Kegiatan WICE sendiri merupakan lomba inovasi ilmiah tingkat internasional.  Event ini menjadi ajang kompetisi yang diadakan IYSA bekerja sama dengan Segi College Subang Jaya, Malaysia. Pada event kali ini, seluruh team memperebutkan hadiah utama berupa 100% scholarship di Segi College Subang Jaya. Kegiatan sendiri terbagi menjadi 3 bagian terpisah dan dilaksanakan dengan dasar prinsip penelitian dan kompetisi yang sehat.

Totala dari peserta yang berpartisipasi  ada 251 peserta, yang terdiri dari 8 negara, yaitu: Korea Selatan, Turki, Filipina, Inggris Raya (United Kingdom), Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Malaysia sendiri sebagai tuan rumah.

Dalam kesempatan ini, Nurlina bekerjasama dengan 4 mahasiswa lainnya yang merupakan delegasi dari Sumatera Utara. 4 delegasi lainnya adalah Yurid Audina dari UINSU Fakultas Sains dan Teknologi Prodi Matematika, Aflah Fajari dari USU Fakultas Pertanian Jurusan Agroteknologi, Fanny Fashiri dari UNIMED Fakultas MIPA Prodi Pendidikan Kimia, dan Rafika Utami asal UNIMED Fakultas MIPA Jurusan Pendidikan Kimia.

Saat diwawancarai apa perasaan Nurlina saat menjadi juara, mahasiswa yang memiliki hobi membaca ini mengaku sangat senang. Namun, dia tidak mau merasa puas diri dulu. “Ini masih permulaan. Masih banyak kompetisi dan ajang lain yang harus tetap diikuti. Saya tidak pernah merasa cukup, sebab ilmu dan inovasi harus tetap ditingkatkan”, jelasnya.